Dapatkan jawaban dari para ahli sekarang.
Yuk, langsung daftar. Gratis kok!
0 voting
18 tayangan
ditanya di Pendapat & Survei oleh anak bawang (17 poin)

<!--[if !supportLists]-->1.         <!--[endif]-->Bacalah tulisan di bawah ini :

Jakarta :      Perpindahan penduduk dari desa ke kota atau urbanisasi di indonesia tercatat tumbuh empat persen setiap tahunnya. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan urbanisasi di india dan tiongkok yang berada di bawah 3,8 persen per tahun.

Menteri keuangan mengatakan tingginya pertumbuhan urbanisasi dapat mengakibatkan kepadatan penduduk yang luar biasa di perkotaan. Menteri keuangan memperkirakan, 86 persen masyarakat di perdesaan akan tinggal di perkotaan pada 2025.

“Pada 2025 penduduk indonesia 68 persen hidup di perkotaan”, Ujar Menteri Keuangan.

Pertumbuhan urbanisasi dalam negeri kata Menteri Keuangan, juga di iringi dengan peningkatan  urbanisasi secara global. Sebanyak 75 persen populasi dunia bakal menempati perkotaan pada 2050. Angka tersebut naik 54 persen jika dibandingkan 1990 yang penduduk kotanya hanya sebesar 15 persen.

Namun, lanjutnya : Urbanisasi justru mendorong konsumsi rumah tangga, investasi dan pengeluaran pemerintah bila dikelola dengan baik. Sayangnya untuk setiap kenaikan satu persen penduduk perkotaan, indonesia hanya memperoleh pertumbuhan PDB per kapita sebesar 4 persen.

Hal ini disebabkan oleh kemacetan, polusi dan resiko bencana akibat tidak memadainya investasi infrastruktur. “Tidak ada satu negara mana pun di dunia ini yang tidak mencapai penghasilan medium tanpa populasi yang berpindah ke perkotaan. Urbanisasi memang diperlukan untuk jaga pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang”.

Oleh sebab itu, pemerintah mendorong pengelolaan urbanisasi yang tepat melalui pembangunan fasilitas dasar seperti perumahan, pendidikan, kesehatan dan air bersih. Berikut pemberdayaan bagi pendatang melalui pendidikan dan pelatihan, penyediaan kemudahan berusaha dan lapangan pekerjaan.

Pertanyaan:

<!--[if !supportLists]-->a.       <!--[endif]-->Permasalahanapa yang sedang di bahaspadaartikel di atas?

<!--[if !supportLists]-->b.      <!--[endif]-->Menurutartikel di atas, apa yang dimaksuddenganurbanisasidanfaktor-faktorpenyebabnya.

<!--[if !supportLists]-->c.       <!--[endif]-->Apadampak yang ditimbulkanolehurbanisasi?

<!--[if !supportLists]-->d.      <!--[endif]-->Menurutanda, bagaimanastrategiperencanaankotauntukmeminimalisasidampakurbanisasi, terkaitdenganpenyediaaninfrastrukturdansaranaperkotaan.

Silakan login atau daftar untuk menjawab pertanyaan ini.

Selamat datang!

Wajib baca :D

  1. Buat pertanyaan sejelas mungkin & pilih kategori yang sesuai.
  2. Jawablah juga pertanyaan dari member lain.
  3. Naik pangkat dan dapatkan hadiah dari kami!
...