Dapatkan jawaban dari para ahli sekarang.
Yuk, langsung daftar. Gratis kok!
0 voting
9 tayangan
ditanya di Kesehatan oleh
latar belakang hari kesehatan

1 Jawaban

0 voting
dijawab oleh petualang (221 poin)

Pada akhir tahun 1963, dalam rangka pembasmian malaria dengan racun serangga DDT, telah dijalankan penyemprotan rumah-rumah di seluruh Jawa, Bali dan Lampung, sehingga lebih kurang 64,5 juta penduduk telah mendapat perlindungan dari kemungkinan serangan malaria. Usaha itu juga dilanjutkan dengan usaha surveilans yang sukses menurunkan ”parasite index” dengan cepat, yaitu dari 15 % menjadi hanya 2%.

Kemudian, tepatnya pada tanggal 12 November 1964, peristiwa penyemprotan nyamuk malaria secara simbolis dilakukan oleh Bung Karno selaku Presiden RI di desa Kalasan, sekitar 10 km di sebelah timur kota Yogyakarta. Meskipun peristiwanya sendiri merupakan upacara simbolis penyemprotan nyamuk, tetapi kegiatan tersebut harus dibarengi dengan kegiatan pendidikan atau penyuluhan kepada masyarakat.

Peristiwa itu kemudian dikenal sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN), yang setiap tahun terus menerus diperingati sampai sekarang. Sejak itu, HKN dijadikan momentum untuk melakukan pendidikan/ penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Selamat datang!

Wajib baca :D

  1. Buat pertanyaan sejelas mungkin & pilih kategori yang sesuai.
  2. Jawablah juga pertanyaan dari member lain.
  3. Naik pangkat dan dapatkan hadiah dari kami!
...